BERITA TERKINI

Sebanyak 725 Siswa-Siswi SMKN 3 Boyolangu Ikuti Diklat Bela Negara

Teropongnusa.com, Blitar -- Untuk membentuk karakter jiwa nasionalisme kepada generasi penerus bangsa terutama siswa-siswi, maka SMKN 3 Boyolangu Tulungagung bekerjasama dengan Yonif 511/DY menyelenggarakan Diklat Bela Negara. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 725 siswa-siswi dan dilaksanakan di Asrama Yonif 511/DY Jalan Maluku No. 14 Karang Tengah, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar yang dilatih dan digembleng oleh instruktur Yonif 511/DY. Selama mengikuti diklat bela negara siswa-siswi diberi materi PBB, Kedisiplinan, Wawasan Kebangsaan, Mountenering, Rayapan tali satu, Rayapan tali dua.

Wadan Yonif 511/DY Mayor Inf Rayner D.R. Wajong menegaskan bahwa siswa-siswi harus mengenal ideologi negaranya. Harus mencintai bangsa dan negaranya agar mereka menjadi generasi yang kuat memiliki karakter sehingga tak mudah terjerumus dalam kenakalan remaja saat ini. Setelah mengikuti bela negara, setiap pelajar diharapkan semakin menyadari tanggung jawab yang diembannya sebagai generasi penerus. Mereka bisa menjadi anak-anak yang lebih tekun belajar, disiplin, menghormati dan menghargai orang tua, guru dan sesama.

Kepala Sekolah SMKN 3 Boyolangu, Drs.Moch.Amirul Hamzah, M.M.
mengatakan, diadakannya kegiatan tersebut bertujuan untuk membentuk mental, fisik, sikap, dan karakter siswa-siswi agar mempunyai jati diri, berwawasan kebangsaaan dan cinta tanah air.

 “ Kedepan kami berharap mereka menjadi generasi penerus yang berjiwa nasionalis dan berkebangsaan,” imbuhnya.

Selain itu lanjut Drs.Moch.Amirul Hamzah, M.M. semua siswa-siswi agar mampu menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh, tanggon, tanggap dan trengginas dalam mengisi pembangunan bangsa sesuai cita-cita nasional yaitu mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. (DONI)