BERITA TERKINI

Warga Desa Mengger Ikuti Penyuluhan Hukum Dan Perdes

Teropongnusa, Ngawi -- Dalam rangka mengembangkan budaya hukum di semua lapisan masyarakat agar dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum serta demi tegaknya supremasi hukum maka Kodim 0805/Ngawi bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Ngawi melaksanakan Penyuluhan Hukum di Kantor Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi, Selasa (3/10/17).

Giat penyuluhan yang dihadiri kurang lebih 50 orang tersebut merupakan bagian dari sasaran Non Fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100, yang saat ini di wilayah Korem 081/Dsj, menyasar Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi, Jatim, Wilayah Kodim 0805/Ngawi.

Idham Kharima, S.H., M.Si. selaku penyampai materi dari Sekretaris Daerah Bagian Hukum Pemkab Ngawi mengatakan bahwa momen TNI Menunggal Membangun Desa ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berkomunikasi dengan masyarakat tentang bagaimana upaya mencegah terjadinya tindakan pelanggaran hukum. Adalah dengan memberikan sosialisasi dan penyuluhan untuk tindakan preventif atau pencegahan, dengan adanya penyuluhan ini diharapkan kepada warga Desa Mengger untuk mentaati aturan dan perundangan, sehinga tidak terjadi permasalahan.

Menurut Idham, dalam bahasan kali ini, dirinya menyampaikan materi terkait Peraturan Desa (Perdes) yang menurutnya hal tersebut akan lebih bermaanfaat untuk masyarakat disini. Idham juga menghimbau agar para pemuda, Toga dan Tomas untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas, mendukung program pemerintah dan mendukung kesuksesan pembangunan nasional.

“ Mari bersama-sama menjaga keamanan lingkungan kita, apabila lingkungan kita aman maka di dalam menjalankan segala bentuk aktifitas akan merasa nyaman, apabila ada permasalahan sebaiknya dimusyawarahkan terlebih dahulu secara kekeluargaan, jangan terburu-buru mengambil langkah hukum maupun main hakim sendiri, karena hal tersebut justru dapat merugikan diri kita sendiri,” terangnya.

Ngadino, salah satu warga masyarakat Desa Mengger yang ditemui saat penyuluhan mengatakan, " Penyuluhan hukum sangat penting bagi masyarakat sehingga masyarakat mengerti dan memahami pentingnya menjaga diri dan lingkungan serta keluarga kita agar terhindar dari permasalahan terutama terhindar dari tindakan tindakan yang melanggar hukum".(wahyu)