BERITA TERKINI

Kapolres Ponorogo Bentuk 'Pendekar Lantas' Dari Kalangan Pendekar Silat dan Beladiri

Teropongnusa.com, PONOROGO – Sebagai bentuk tumbuh kembangnya pencak silat ke trend positif, sejumlah pendekar pencak silat dan beladiri di wilayah Kabupaten Ponorogo dibentuk untuk dididik dan dilatih menjadi ‘Pendekar Lantas’ oleh Kapolres Ponorogo AKBP Suryo Sudarmadi, S.I.K.,M.H.

Pendekar Lantas tersebut terdiri dari berbagai perguruan pencak silat dan beladiri dari 21 perguruan pencak silat dan beladiri di wilayah Ponorogo, yang mana mereka semua adalah warga pilihan dari masing-masing perguruan yang tergabung di bawah naungan Forum Komunikasi Pencak Silat dan Beladiri (FKPSB).

Kapolres Ponorogo, AKBP Suryo Sudarmadi, S.I.K., M.H. menuturkan, pembentukan Pendekar Lalu-Lintas ini adalah inisiasi dari Polres Ponorogo dengan merangkul para pendekar yang tergabung dalam wadah FKPSB untuk diberikan ilmu dan peraturan lalu-lintas sampai penanganan pertama pada kecelakaan lalu-lintas.

Kapolres menambahkan, dalam setiap event masing-masing perguruan pencak silat dan beladiri membawa pengaruh terhadap Kamseltibcar lantas dengan dampak negatif yang ditimbulkan antara lain berupa kemacetan lalu lintas dan bentuk pelanggaran lalu lintas, seperti kenalpot bising, tidak memakai helm, tidak ada spion, serta kelengkapan lainnya sebagai faktor penyebab terjadinya laka-lantas.

“ Kami harap dengan adanya program Pendekar Lantas ini mereka bisa menjadi pioner dalam penegakan Kamseltibcar lantas di wilayah Ponorogo terutama bagi para pendekar perguruan pencak silat dan beladiri,” jelas AKBP Suryo Sudarmadi, S.I.K., M.H.

Setelah pembukaan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Ponorogo pada Rabu (13/12/2017) kemarin, para Pendekar Lantas yang terpilih akan dilatih dan dididik oleh Satlantas Polres Ponorogo selama 2 hari. Adapun materi pelatihan berupa dasar-dasar lalu-lintas, baik berupa pedoman tertib berlalu lintas, safety riding, serta 12 gerakan pengaturan lalu-lintas.(nyr-tn) 

Tidak ada komentar