BERITA TERKINI

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan Dipertanyakan Kinerjanya

Teropongnusa.com, Magetan – Melihat kondisi lingkungan hidup di Magetan yang dianggap darurat, pemerhati lingkungan hidup Rudi Hartono Setiawan bersama beberapa pemerhati lainnya mendatangi Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magetan di Jalan Teuku Umar No 48 Magetan, Selasa (06/02/2018).

Kedatangan Rudi dan kawan-kawan ditemui langsung oleh Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Agung Lewis di ruang kerjanya.

Ada beberapa poin yang disampaikan Rudi saat pertemuan tersebut, diantaranya tidak adanya informasi yang disuguhkan DLH Kabupaten Magetan terkait kondisi lingkungan hidup di Magetan, seperti contohnya tentang pengelolaan lingkungan dari dampak kegiatan usaha kulit milik pemerintah maupun swasta.

Menurut Rudi, DLH seharusnya memiliki sebuah informasi yang diberikan ke publik terkait limbah yang dihasilkan serta dampak terhadap lingkungan yang dilakukan melalui uji laboratorium.

Menanggapi hal tersebut, Agung Lewis menyampaikan pihaknya masih baru di DLH, dan memang pihaknya saat ini masih perlu banyak masukan untuk dijadikan bahan dalam rapat bersama dengan lintas sektoral yang ada.

“ Saya kan masih baru dan saya akui memang banyak problem yang mesti dipecahkan. Saya akan coba memulai dari internal dan masukan ini akan kami bawa ke rapat bersama Sekda dengan melibatkan semua lintas sektoral terkait,” jelas Agung Lewis.

Dari hasil diskusi tersebut, Rudi atau sapaan akrabnya Rugos ini mengaku kecewa karena jika dilihat carut marutnya tentang tata kelola lingkungan hidup di Magetan dan kinerja DLH terlihat jelas betapa tidak adanya kepedulian Pemkab Magetan terhadap lingkungan hidup.

Disinggung terkait Adipura yang didapat Kabupaten Magetan tahun lalu, Rugos mengatakan hal itu perlu dipertanyakan karena jika dikroscek dengan situasi di lapangan maka Kabupaten Magetan tidak pantas untuk mendapatkannya.

Sementara itu, dari hasil pertemuannya dengan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup tersebut, Rugos berharap, informasi yang disampaikannya agar segera ditindaklanjuti dan nantinya ada sebuah kebijakan yang memperlihatkan kesungguhan Pemkab Magetan terhadap pembangunan berbasis lingkungan hidup.(NYR)

Tidak ada komentar