BERITA TERKINI

Nasi Gegok Membuat Penasaran Pecinta Kuliner

Teropongnusa.com, Kuliner Nusantara – Negara kita Indonesia memang kaya akan seni dan budaya, hal itu terlihat dari berbagai macam kuliner khas masing-masing daerah di nusantara ini. Jika Semarang terkenal dengan Lumpia, Jogja dengan Gudeg, Madiun dengan Sambel pecel dan Trenggalek terkenal dengan Nasi Gegok-nya.

Nah, mungkin dalam benak kita merasa asing dengan kuliner yang satu ini yakni kuliner khas Trenggalek Nasi Gegok.

Makanan khas Trenggalek tersebut akhir-akhir ini sudah mulai menyebar di berbagai daerah. Seperti misalnya Ponorogo, Nasi Gegok sudah mulai bisa ditemukan di daerah ini, mulai dari pedagang keliling hingga depot lesehan.

Lalu seperti apakah Nasi Gegok itu ? Yaa..Nasi Gegok terbuat dari nasi putih dengan lauk sambel teri dengan campuran tempe diiris kecil-kecil. Dari bahan tersebut kemudian nasi dimasak setengah matang lalu bersama lauknya dibungkus daun pisang dan baru kemudian dikukus hingga matang.

Saat makan Nasi Gegog akan terasa aroma dan rasa alami daun pisang sehingga menambah citarasa Nasi Gegok yang terlihat sederhana.

Jamin Susanto salah satu penikmat kuliner mengatakan, Nasi Gegok memang mengundang penasaran bagi yang belum merasakannya. Namun ketika sudah merasakan maka akan mencari lagi, karena selain rasanya yang khas juga harganya terjangkau.

Hal senada juga dikatakan Eko Muharno, pria yang hobi bersepeda ini baru pertama kali makan Nasi Gegok. “Awalnya saya penasaran dengan Nasi Gegok, dan kebetulan di Ponorogo ada yang menjualnya ya langsung saya mencobanya. Saat makan suapan pertama rasa gurihnya langsung terasa maknyus,” ujarnya.

Saat ini, Nasi Gegok bisa dinikmati dengan berbagai pilihan lauk seperti Ati ampela, Ikan Salem, tempe dan lain-lain sesuai selera penjualnya dengan tujuan menyediakan berbagai lauk untuk Nasi Gegok.(NYR)

Tidak ada komentar