BERITA TERKINI

Saat 114 Ribu Petani Belum Terima Kartu Tani, Pemkab Magetan Tetap Gelar Hari Krida Pertanian ke-46

TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Hari Krida Pertanian yang ke-46 tetap digelar oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHP dan KP) Kabupaten Magetan di saat 114 ribu petani di Magetan belum menerima Kartu Tani yang notabene berfungsi untuk membeli pupuk bersubsidi, Kamis (05/07/2018).

Padahal program Kartu Tani sudah disosialisasikan ke petani setahun yang lalu oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHP dan KP) Kabupaten Magetan, namun nyatanya hingga kini belum ada tanda-tanda akan dibagikannya Kartu Tani tersebut.

Suroto salah satu petani di Kecamatan Nguntoronadi mengatakan selama ini tidak ada pembagian kartu tani dan bahkan dirinya pun tidak tahu kartu tani itu apa.

“ Saya tidak tahu Kartu Tani mas, wujudnya dan fungsinya untuk apa saya juga tidak tahu,” ujar Suroto.

Dan saat ditanya tentang belanja pupuk, Suroto mengatakan selama ini memakai uang tunai langsung ke kios pupuk.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHP dan KP) Kabupaten Magetan, Edi Suseno mengiyakan jika 114 ribu petani di Magetan hingga kini belum menerima Kartu Tani.

"Iya mas, Kartu Tani untuk 114 ribu petani di Magetan belum diberikan," kata Edi Suseno kepada teropongnusa.com, Kamis (05/07/2018).

Pihaknya mengaku bahwa itu bukan kesalahannya namun murni kesalahan dari pemerintah pusat dan juga pihak bank selaku penerbit kartu. 

“Kartu Tani ini program pemerintah pusat dan cetak kartunya dilakukan oleh bank, jadi kesalahan bukan pada kami,” terang Edi Suseno.(NYR) 

Tidak ada komentar