BERITA TERKINI

Dinas TPHPKP Magetan Gelar Bimtek Penguatan Lembaga PUI


TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Magetan menggelar Bimbingan Teknis Penguatan Lembaga PUI melalui Desiminasi Hasil dan Sinergi dalam Mendukung Peningkatan Daya Saing Produk dan Kesejahteraan Petani, Selasa (23/10).

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Dinas TPHPKP Jalan Raya Gorang Gareng - Mojopurno ini dikhususkan kepada masyarakat pertanian di bidang jeruk se-Kabupaten Magetan.

Sedangkan narasumber dalam kegiatan ini adalah Rosmaniar Dini, S.E., M.M selaku Kepala Bagian Direktorat Kelembagaan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan juga narasumber lain seperti H. Rofik Munawar, LC, Ir. Mutia Erti Dwi Astuti, M.S, Ir. Sutopo, M.Si, Ir. Agus Sugiyatno, M.P, serta Dr. Sri Widyaningsih, M.P.

Kepala Dinas TPHPKP Kabupaten Magetan, Ir. Eddy Suseno mengatakan, maksud dan tujuan daripada Bimtek ini adalah untuk mendesiminasi hasil teknologi Top Working, Bujangseta, Pemupukan dan Pengelolaan Hama Penyakit Jeruk serta untuk melakukan sinergi antar lembaga PUI (Pusat Unggulan Inovatif).

Sementara itu latar belakang Bimtek ini karena rendahnya daya saing buah jeruk Indonesia yang disebabkan antara lain rendahnya kualitas buah, diskontinuitas suplai produk, terbatasnya produk dengan nilai tambah dan terbatasnya pilihan yang tersedia di pasar serta kurangnya tenaga terampil di bidang terkait. Jika faktor-faktor tersebut tidak segera dicarikan solusi, maka jeruk di Indonesia akan semakin tergeser dengan jeruk impor bahkan ada peluang kita akan menjadi “penonton” di negeri sendiri.(St-red)

Tidak ada komentar