BERITA TERKINI

Luar Biasa...! Meskipun Mengering, Embung Ini Tetap Membawa Berkah Bagi Masyarakat

TEROPONGNUSA.COM, MADIUN - Akibat musim kemarau yang panjang membuat sejumlah lokasi penampungan air menjadi berkurang, bahkan ada juga yang sudah mengering seperti sungai, telaga, embung dan lain-lainnya.

Meskipun demikian, ada saja berkah dibalik semua itu dan justru memberikan keuntungan bagi masyarakat.

Yaa..seperti yang terjadi di Desa Krandegan, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun ini misalnya, satu-satunya embung tempat penampungan air yang saat ini mengering malah memberikan keberkahan lain bagi warga sekitar.

Bagaimana tidak, di tempat ini sekarang muncul titik-titik sumber pasir. Luar biasanya lagi, pasir-pasir yang muncul di embung ini tidak jauh beda dengan pasir pada umumnya dan bahkan juga bisa digunakan sebagai bahan bangunan maupun kebutuhan lainnya.

Suparno salah satu warga yang merasakan fenomena ini mengatakan, kejadian munculnya pasir di Embung Desa Krandegan baru diketahui beberapa hari yang lalu dan mulai sejak itu dirinya bersama warga yang lain langsung berduyun-duyun mengambil pasir dengan alat seadanya.

“Pasir ini munculnya baru beberapa hari yang lalu, dan kejadian ini baru ada tahun ini karena kemarau yang panjang,” jelas Suparno, Selasa (23/10/2018).

Dari keterangan warga lainnya, pasir yang mereka ambil tersebut ada yang digunakan untuk keperluan  pribadi dan ada juga yang dijual ke orang lain.

Musibah memang sering menjadi momok bagi semua orang, namun jika menyikapinya dengan ikhlas dan sabar maka akan ada hikmah dibalik semuanya tersebut. (NYR)