BERITA TERKINI

Monjali, Monumen Sejarah Kembalinya Indonesia


TEROPONGNUSA.COM, YOGYAKARTA - Dalam mengenang dan mengetahui sejarah berdirinya bangsa Indonesia tentunya berbagai hal harus dilakukan, baik itu membaca buku, mengunjungi tempat sejarah atau melihat museum serta cara lain sesuai tujuan masing-masing orang.

Berkaitan dengan hal tersebut, di Yogyakarta terdapat sebuah monumen Jogja Kembali atau MONJALI yang mana MONJALI ini merupakan lambang kembalinya Republik Indonesia yang menjadi bukti sejarah ditariknya pasukan Belanda dari daerah jogjakarta pada tanggal 29 Juni 1949.

Dan pada saat itu juga-lah Presiden Sukarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta serta pejabat lainnya kembali ke Jogjakarta dari pengungsian.

Kepala Bagian Umum Monumen Jogja Kembali, Yudi Pranowo menjelaskan, rata-rata dari total pengunjung didominasi kaum remaja dan anak sekolah, sedangkan jumlah pengunjung sendiri pada hari biasa diperkirakan ratusan orang namun pada hari libur mencapai ribuan orang.

“Rata-rata pengunjung didominasi kaum remaja dan pelajar, dan untuk jumlahnya sendiri pada waktu hari biasa ratusan orang namun pada musim liburan mencapai ribuan orang,” terang Yudi Pranowo.

Untuk informasi, Monumen Jogja Kembali atau MONJALI yang berada di Jalan Ringrod Utara, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini dibuka setiap hari dari pukul 8 pagi sampai pukul 4 sore, sedangkan pada hari Senin monumen ini ditutup. (NYR)

Tidak ada komentar