BERITA TERKINI

Sepeda Sehat 2018 Dalam Rangka Jelajah Budaya Maospati Sukses Digelar


TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Sepeda Sehat 2018 dalam rangka Jelajah Budaya Maospati yang diikuti tidak kurang dari seribu peserta sukses digelar oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) beserta Kita Maospati dan juga Ormas Oi, Minggu(30/12/2018).

Dengan mengambil start dan finish di Distrik Maospati, rute Sepeda Sehat 2018 ini sengaja dibuat dengan menyusuri situs-situs yang berada di wilayah Kecamatan Maospati.

Acara ini pun semakin berarti karena Bupati Magetan Dr.Drs. H Suprawoto, S.H, M.Si juga ikut dengan mengendarai sepeda bersama peserta yang lain.

Dan saat melewati situs sendang kamal, seluruh peserta diminta untuk berhenti sejenak sambil mendengarkan penjelasan dari panitia tentang sejarah dari situs-situs yang dilalui.

Gotris (Ketua KNPI Maospati)
Ketua KNPI Kecamatan Maospati, Sutrisno atau yang akrab dipanggil Gotris berharap dengan diadakannya acara Sepeda Sehat dengan menyusuri situs ini agar Pemerintah Kabupaten Magetan bisa mempertimbangkan layak atau tidaknya wilayah Maospati untuk dimanfaatkan sebagai muatan sejarah lokal di dunia pendidikan Magetan dan juga wahana edukasi wisata sejarah.

“Harapan kami sederhana saja, apakah potensi ini bisa dan layak dimanfaatkan sebagai muatan sejarah lokal di dunia pendidikan Magetan dan juga wahana edukasi wisata sejarah, tentunya semua itu tergantung Pemkab Magetan sendiri,” ujar Gotris.

Dengan membaca sejarah Maospati, lanjut Gotris, mulai masa Mataram Kuno hingga Mataram Islam dan dengan didukung situs-situs yang berada di Maospati ini membuktikan bahwa Maospati pernah mengalami masa kejayaan baik jaman Mataram Kuno maupun Mataram Islam.(NYR)