BERITA TERKINI

Cegah Wabah DBD, Pemdes Pucanganom Kebonsari Gelar Penyuluhan Ke Warganya

TEROPONGNUSA.COM, MADIUN – Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah sebuah masalah penting dalam kehidupan kita, oleh sebab itu Pemerintah Desa Pucanganom, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun menggelar  penyuluhan kepada warganya tentang Gerakan Masyarakat Jum’at Pemantauan Jentik (Germas Jumantik) serta Pemberantasan Sarang Nyamuk dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PSN-PHBS), Jum’at (15/2/2019).

Kegiatan yang melibatkan 70 Kader Kesehatan Desa Siaga Desa Pucanganom ini memiliki sasaran yang terdiri dari rumah warga, masjid, pondok pesantren, panti asuhan serta tempat-tempat umum. Sedangkan kegiatannya sendiri meliputi Pemeriksaan Jentik, Pemberian ABATE serta Penempelan Stiker Kunjungan.

Kepala Desa Pucanganom, Hari Prawoto, S.I.Kom. mengatakan selain bertujuan mengurangi
penderita DBD kegiatan ini juga untuk mencegah timbulnya jentik nyamuk sebagai pemicu demam berdarah, mengedukasi masyarakat tentang pentingnya PSN maupun PHBS, meningkatkan kesadaran masyarakat akan kerjasama dalam kebersihan serta memahamkan bahwa Fooging bukan solusi terbaik untuk wabah penyakit DBD.

“Dengan adanya program Germas ini kami berharap masyarakat bisa termotivasi serta memiliki kesadaran akan kebersihan demi mencegah penyakit DBD,” pungkas Hari Prawoto, S.I.Kom.

Sebagai informasi, Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, yang hidup di wilayah tropis dan subtropis. Dan solusi untuk mencegah DBD bukan hanya dengan Fooging maupun ABATE, melainkan perilaku hidup sehat-lah yang harus rutin dilakukan oleh masyarakat.(NYR)