BERITA TERKINI

Terjadi Pelanggaran, Satu TPS Di Ponorogo Gelar PSU


TEROPONGNUSA.COM, PONOROGOSetelah ditemukan pelanggaran pemilu yakni ada empat pemilih yang berasal dari luar Ponorogo yang tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan juga tidak membawa formulir A5, maka di TPS 06 Desa Bancangan, Kecamatan Sambit digelar Pemungutan Suara Ulang (PSU), Kamis (25/4/2019).

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Sambit, Yoyok Heri Saputro mengatakan pada pemungutan suara 17 April lalu ada empat orang pemilih luar daerah diantaranya tiga orang dari Situbondo dan satu orang dari Kalimantan Timur. Dan keempat orang tersebut tidak masuk dalam DPTb dan tidak membawa fromulir A5.

Dia menjelaskan, hal tersebut bisa terjadi dikarenakan asumsi dari KPPS bahwa yang masuk Daftar Pemilih Khusus (DPK) dari luar daerah bisa memilih dimanapun hanya dengan E-KTP.

“Karena temuan itu tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku, maka kami rekomendasikan untuk pemilihan ulang di TPS 06,” ujar Yoyok.

Sebagai informasi, di TPS yang digelar PSU kali ini memiliki jumlah DPT sebanyak 292 orang dan meskipun digelar pada hari kerja, namun antusiasme warga tetap tinggi. (NYR)