BERITA TERKINI

Dinas TPHPKP Magetan Sebut Lahan Yang Alami Puso Seluas 167 Hektar

TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Kabupaten Magetan menyebutkan lahan yang terkena Puso di wilayahnya seluas 167 Hektar baik wilayah selatan maupun utara.

“Laporan per tanggal 11 Juni 2019 ini lahan yang mengalami Puso seluas 167 Hektar baik itu wilayah selatan maupun utara,” ungkap Eddy Suseno, Kepala Dinas TPHPKP Magetan.

Menurutnya, penyebab daripada Puso antara lain musim kemarau yang lebih awal. Saat musim tanam masih terjadi hujan namun pada pertengahan tiba-tiba kemarau datang. Penyebab lainnya adalah terjadinya kerusakan pada pintu waduk Gonggang sehingga lahan pertanian khususnya wilayah selatan kebutuhan airnya tidak terlayani.

“Penyebabnya antara lain musim kemarau yang datang lebih awal dan ditambah lagi pintu air waduk Gonggang rusak sehingga lahan pertanian khususnya wilayah selatan tidak bisa terlayani irigasinya,” pungkas Eddy Suseno.

Sementara itu saat disinggung terkait asuransi bagi petani yang lahannya terkena dampak Puso, Eddy Suseno tidak bisa memberikan kepastian karena asuransi yang menangani pihak ketiga. Hanya saja pihaknya memberikan gambaran jika syarat pengajuan asuransi sudah lengkap maka satu minggu sudah bisa dicairkan. (NYR)