BERITA TERKINI

Harapkan Hujan, Warga NU Gelar Sholat Istisqo

TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN -- Akibat kekeringan karena musim kemarau yang panjang, membuat sebagian warga Kabupaten Magetan kesulitan memperoleh air bersih, baik untuk mengairi sawah maupun untuk kehidupan sehari-hari.

Berharap segera didatangkan hujan oleh Allah SWT, warga Nahdatul Ulama Kabupaten Magetan beserta masyarakat sekitar  menggelar Sholat Istisqo di Lapangan Desa Pragak, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Minggu (22/9/2019).

Tidak hanya itu, di barisan jamaah juga tampak hadir beberapa anggota kepolisian yang turut dalam Sholat untuk memohon hujan ini.

Meskipun disengat panasnya terik matahari, namun jamaah Sholat Istisqo ini tetap terlihat khusyu’.

Ketua Pimpinan Cabang Nahdatul Ulama Kabupaten Magetan, KH Mansyur Abdullah mengatakan, alasan digelarnya kegiatan ini selain untuk mengatasi kekeringan yang melanda wilayah Kabupaten Magetan juga untuk mengakhiri kebakaran di sebagian wilayah Indonesia.

“Melihat kenyataan di wilayah Magetan ini banyak terjadi kekeringan, umat pada kekurangan air terutama di Parang yang lebih besar maka kita laksanakan Sholat Istisqo bersama masyarakat sekitar. Kita memohon kepada Allah agar segera menurunkan hujan,” jelas KH. Mansyur.

Sementara itu, Imam daripada Sholat Istiqo kali ini adalah KH Abdullah dari Ponpes Al-Hidayah Kecamatan Karas sedangkan Khotibnya yakni KH Fatoni pimpinan Ponpes Nurul Falah Kecamatan Poncol.

Sejauh ini, di Kabupaten Magetan tercatat sudah 3 wilayah yang mengalami kekeringan yakni Kecamatan Parang, Kecamatan Karas serta Kecamatan Lembeyan. Dan untuk kebutuhan air bersih, warga yang terdampak hanya bisa mengandalkan droping air bersih dari Pemkab Magetan.(NYR)