BERITA TERKINI

Siswa MI Muhammadiyah Dolopo Minati Extra Handycraft


(Foto oleh: Bayu Budi)

TEROPONGNUSA.COM, MADIUN--Guna memberikan warna bagi kegiatan mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Dolopo Madiun, madrasah ini memfasilitasi dengan berbagai macam ekstrakurikuler pilihan. Setiap siswa memilih kegiatan tersebut sesuai minat dan bakat mereka masing-masing. Minat diartikan sebagai suatu rasa ketertarikan pada suatu hal atau aktifitas. Sedangkan bakat bisa diartikan sebagai suatu kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu.

Baru-baru ini MI Muhammadiyah Dolopo membuka kegiatan ekstrakurikuler baru yang inspiratif dan kreatif, yaitu Handicraft. Handicraft di sini adalah kerajinan tangan yang memanfaatkan barang bekas dengan paduan bahan hias modern bernilai seni tinggi. Antusias siswa terhadap kegiatan ini begitu besar sekali, sehingga tidak heran peserta yang mengikuti kegiatan tersebut mencapai 50 siswa.

Iklan
Manfaat Handicraft yang diterima oleh siswa nantinya yaitu menumbuhkan sikap peduli lingkungan dengan cara memungut sampah di lingkungan sekitar yang sekiranya dapat dibuat sebagai hiasan. Seperti contoh sedotan bekas dan cup plastik jeli yang bisa dibuat kreasi bunga hias.

Dijelaskan oleh guru pengajar Handicraft bahwa pembelajaran ekstrakurikuler ini akan lebih banyak memakan waktu bagi siswa, sebab siswa akan dilatih untuk sabar dan telaten ketika mereka membuat suatu kreasi. Dalam prakteknya sendiri dilaksanakan satu kali dalam sepekan yaitu hari Selasa.

Kepala MI Muhammadiyah Dolopo, Supriyono, S.Pd.I. mengemukakan, bahwa kegiatan ekstrakurikuler Handicraft adalah suatu wadah untuk mengembangkan jiwa kreatif dan inovatif anak secara komprehensif. Seperti yang kita tahu bahwa anak akan mengalami fase berkembang daya imajinasi mereka ketika dihadapkan pada suatu tantangan untuk membebaskan ekspresi mereka ke dalam wujud hasil kreasi.

Dengan berpedoman kepada tujuan dan manfaat kegiatan ekstrakurikuler Handicraft, bentuk apresiasi yang dilakukan oleh madrasah terhadap hasil karya mereka, maka akan dilaksanakan sebuah pertunjukan dan pameran karya seni tahunan yang sifatnya edukatif guna menarik minat siswa lain untuk bergabung mengembangkan bakat terpendam mereka melalui kegiatan ekstrakurikuler Handicraft. (Ardiyan Mustofa, S.Pd)