BERITA TERKINI

Lahap Hutan dan Lahan, Si Merah Hampir Merembet Pemukiman

TEROPONGNUSA.COM, PACITAN - Kebakaran hutan dan lahan kemballi terjadi di wilayah Kabupaten Pacitan. Kobaran api yang sejak kemarin membakar lahan hingga mendekati pemukiman warga tersebut terjadi di llingkungan RT03/RW01 Dusun Ngawen 1 dan 2, Desa Semanten, Kecamatan Pacitan.

Menurut Kabid Damkar Satpol PP Pacitan, Suyanto mengatakan, setelah mendapatkan laporan warga ada titik api dari atas gunung pihaknya lantas menyiagakan dua armada pemadam kebakaran di lokasi tersebut.

" Setelah kami mendapatkan laporan warga jika ada titik api di atas gunung, kita kirim dua unit pemadam kebakaran. Untuk antisipasi api yang merambat mendekati pemukman," ujarnya saat memimpin langsung pemadaman api, Senin (21/10/2019).

Karena tiupan angin yang cukup kencang sehingga api cepat merambat turun mendekati pemukiman hingga ke tepi jalan Pacitan - Ponorogo, namun karena kesigapan serta kewaspadaan warga masyarakat yang bahu-membahu dengan alat seadanya untuk memadamkan kobaran api hingga tidak menjalar ke pemukiman.

"Kami bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, anggota Satlinmas desa, Anggota Satpol PP, Banser dengan didukung 2 unit Armada Damkar, 1 Unit Supply dan 12 personel Damkar berhasil memadamkan api yang sudah mendekati pemukiman warga tersebut," tandasnya.

Sampai saat ini belum diketahui asal api yang membakar lahan tersebut, namun dihimbau kepada masyarakat untuk tidak sembarangan membakar jika tidak dijaga dengan baik agar tidak meluas dan sampai merambat ke pemukiman.(luluk/tyo)