BERITA TERKINI

Sampaikan Aspirasi, Puluhan Wartawan Magetan Duduk Bersama Forkopimda


TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Sampaikan aspirasi, puluhan wartawan Magetan yang tergabung dalam tiga wadah organisasi yakni Ikatan Wartawan Magetan (IWAMAG), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Magetan (IJM) duduk bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Magetan, Kamis (10/10/2019).

Adapun aspirasi yang disampaikan adalah Menghargai profesi wartawan karena menjalankan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Melindungi profesi wartawan karena menjalankan UU Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Perlindungan wartawan sebagai bagian Hak Asasi Manusia (HAM) serta Mensosialisasikan kesepakatan petisi wartawan Magetan dengan Forkopimda kepada seluruh bawahan Pimpinan daerah di Kabupaten Magetan.

Ketua Iwamag, Supriyanto mengatakan, keberadaan wartawan juga bagian dari 4 (empat) Pilar Demokrasi yakni Eksekutif, Legislatif, Yudikatif dan Pers. Untuk itu perlu diciptakan hubungan bilateral yang baik antara Forkopimda dengan wartawan.

"Kami berharap ada komitmen dari Forkopimda atas keamanan profesi jurnalis di Magetan,” ujar Supri.

Sementara itu di tempat yang sama, Bupati Magetan, Dr.Drs,H Suprawoto, S.H.,M.Si menyatakan sepakat dengan 4 (empat) materi yang disampaikan tiga organisasi wartawan tersebut.

"Saya sepakat dengan teman-teman Jurnalis, dan mari kita bersama-sama saling sinergi membangun Kabupaten Magetan untuk mewujudkan Kabupaten Magetan menjadi yang terdepan,'' pungkas Bupati Magetan.

Tidak hanya itu, perwakilan dari tiga organisasi wartawan dan semua jajaran Forkopimda juga menandatangani kesepakatan tersebut. (NYR)