BERITA TERKINI

Ziarah Makam Leluhur Magetan, Bupati Bagikan Kreweng ke Anak-Anak


TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN—Ziarah ke makam Eyang Ronggo Galih leluhur Magetan di Desa Durenan, Kecamatan Sidorejo, Bupati Magetan Dr.Drs.H Suprawoto S.H.,M.Si membagikan kreweng ke anak-anak, Kamis (3/10/2019).

Kreweng sendiri diartikan sebagai alat tukar layaknya uang untuk membeli makanan atau jajanan yang berada di lokasi makam, sedangkan nilai per keping kreweng adalah dua ribu rupiah.

Sontak, saat Bupati Magetan Suprawoto membagikan kreweng suasana mendadak ramai dengan saling berebut diantara anak-anak dan bahkan ada juga orang tua yang turut andil.

Bupati Magetan, Dr.Drs.H Suprawoto S.H.,M.Si mengatakan, kreweng menunjukkan tradisi desa dan itu merupakan bentuk lain dari sebuah nilai seperti saat ini adalah uang.

“Kreweng sebenarnya dulu ketika uang itu belum ada, orang itu kan barter terus kemudian waktu itu ada kepingan emas, perak dan akhirnya yang paling rendah kreweng,” tutur Bupati Suprawoto.

Perlu diketahui, Bupati Magetan bersama jajaran Forkopimda kali ini tidak hanya berziarah ke Makam Eyang Ronggo Galih saja namun juga ke 6 makam leluhur Magetan lainnya seperti Makam Ki Mageti, Yosonegoro, Nrangkusumo, Maduretno, Kertonegoro serta Purwodiningrat dan semuanya dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Magetan.(NYR)