BERITA TERKINI

Sistem E-Voting Wujud Dari Perkembangan Jaman

TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Sistem E-Voting dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang akan digelar pada tanggal 27 November 2019 oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan di 18 dari 184 desa merupakan wujud dari perkembangan jaman.

Hal itulah yang disampaikan Bupati Magetan, Dr.Drs.H Suprawoto, S.H.,M.Si. dalam Konferensi Pers di Pendopo Surya Graha pada Senin (25/11).

Menurutnya, proses Pilkades selalu mengalami perubahan di setiap tahunnya. Ia menggambarkan, ketika era penjajahan dahulu proses Pilkades dilakukan secara terbuka dengan penunjukan langsung oleh warga kepada calon kepala desa hingga kemudian menggunakan sistem pencoblosan pada simbol gambar yang dimiliki calon.

“ Pilkades mengalami perubahan di setiap tahun. Dulu ketika jaman penjajahan, Pilkades digelar secara terbuka di lapangan, dan seiring perkembangan jaman sistem itu sudah berganti," terang Bupati di depan awak media.

Ia menegaskan, Pilkades tidak hanya sekedar sukses penyelenggaraan saja namun juga harus sukses prestasi dan sukses ekonomi. Maka dari itu, sistem E-Voting adalah pilihan yang tepat dalam mewujudkan semua hal tersebut, bahkan Bupati meyakini bahwa sistem E-Voting tingkat keamanannya terjamin.

Pun pada hari pelaksanaan Pilkades mendatang Pemkab Magetan juga menetapkan sebagai hari libur bersama. (NYR)