BERITA TERKINI

Sarasehan Literasi Dalam Rangka Pembinaan Perpustakaan Umum Daerah


TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Sarasehan Literasi dalam rangka Pembinaan Perpustakaan Umum Daerah digelar oleh Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan di Pendopo Surya Graha, Senin (30/12).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M. Bupati Magetan, Dr.Drs.H.Suprawoto, S.H., M.Si. beserta wakil, Hj.Nanik Sumantri, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magetan, Ibu Titik Suprawoto, M.Pd., Sekretaris Daerah, Kadin Perpustakaan Kabupaten Magetan, Madiun, Pacitan dan Ngawi, serta segenap undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Magetan, Dr.Drs.H.Suprawoto, S.H., M.Si. mengungkapkan bahwa wisata tidak hanya wisata alam saja, namun juga wisata literasi. Karena menurutnya dengan literasi akan mengangkat nama Magetan menjadi yang terdepan.

“Orang boleh hebat setinggi langit, tetapi kalau dia tidak menulis akan hilang dari sejarah. Menulis adalah pekerjaan yang abadi,” ucap Bupati.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando, M.M., mengatakan bahwa formula literasi jangan sampai salah. Literasi harus ada 4 parameter penting diantaranya Kemampuan seseorang mengumpulkan informasi dari sumber bacaan dan bahan lainnya, Kemampuan seseorang memahami yang tersirat dan tersurat, Kemampuan mengemukakan ide sesuai informasi dan pengetahuan yang dimiliki, serta Kemampuan seseorang atau lembaga atau korporasi untuk menghasilkan barang atau jasa sesuai informasi dan pengetahuan yang dimilikinya.

Selain sarasehan, di kesempatan kali ini juga dilakukan Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Magetan, Penyerahan Kartu Tanda Anggota Perpustakaan Umum Kabupaten Magetan, Penyerahan hadiah berbagai lomba Literasi, serta Penyerahan bantuan 1 unit mobil perpustakaan keliling dari Kepala Perpustakaan Nasional RI.(NYR)