BERITA TERKINI

Warga Desa Semen Terima Sertifikat Tanah Program PTSL

TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Sertifikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dibagikan kepada warga Desa Semen, Kecamatan Nguntoronadi, Kamis (19/12).

Pembagian dilakukan di balai desa setempat oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Magetan dengan didampingi panitia PTSL dan dihadiri jajaran Forkopimca Nguntoronadi.

Ketua Pokmas Desa Semen, Bambang Eka Setyawan mengatakan, semua sertifikat yang siap diserahkan sebanyak 955 bidang, namun untuk pembagiannya dilakukan dua kali, yakni 512 pada hari ini dan sisanya pada tahap berikutnya.

“ Semuanya 955 dan untuk hari ini dibagikan 512 sertifikat sedangkan sisanya dibagikan pada tahap berikutnya,” terang Bambang.

Sementara itu, Kepala BPN Magetan melalui Satgas Yuridis, Agus Suyanto menjelaskan, pemohon program PTSL dari Desa Semen terlihat antusias meskipun ada sebagian pemohon yang lambat dalam penyerahan berkas persyaratan.

“ Meskipun ada sebagian yang lambat dalam penyerahan berkas persyaratan, namun pemohon dari Desa Semen ini terlihat antusias,” ujar Agus Suyanto.

Sebagai informasi, PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat. (NYR)