BERITA TERKINI

Luar Biasa, Parade Surya Senja SMPN 4 Magetan Mendapat Apresiasi Berbagai Pihak



TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Parade Surya Senja atau yang lebih dikenal dengan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih yang dilakukan siswa-siswi SMPN 4 Magetan di Alun-Alun setempat pada Jumat (17/1/2020) mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Hal itu bisa dilihat dari tamu undangan yang hadir diantaranya, Bupati Magetan, Dr.Drs.H. Suprawoto, S.H.,M.Si., beserta istri, Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana, S.I.K., Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy yang sekaligus menjadi Inspektur Upacara, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Suwata, Kepala Bakesbangpol, Iswahyudi Yulianto serta tamu undangan dari Tokoh Masyarakat Kabupaten Magetan.

(Penyerahan Bendera Dari Paskibraka ke Dandim Magetan)

(Tarian Gondang Kasih)

(Drumband)
Tidak hanya itu, ribuan masyarakat umum segala usia juga turut hadir untuk menyaksikan kegiatan rutin bulanan ini. Bahkan penampilan atraksi Liong Sai dari salah satu grup luar sekolah turut menyertai kegiatan Parade Surya Senja yang dilakukan SMPN 4 Magetan tersebut.

Sebagai tanda masuknya acara inti, teriakan yel-yel dari siswa-siswi SMPN 4 Magetan pun dilakukan, hingga penampilan Drumband lengkap dengan mayoret, serta penampilan tari Gondang Kasih.

Setelah penyuguhan hiburan tersebut usai, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh siswa-siswi SMPN 4 Magetan mulai menunjukkan aksinya. Dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, Paskibraka tampak khidmad dalam menjalankan tugasnya menurunkan Bendera Merah Putih. Dan lagi-lagi, aksi Paskibraka terlihat sempurna dan bahkan tidak ada kesalahan dari awal hingga akhir.

Alhasil, penampilan siswa-siswi SMPN 4 Magetan tersebut mendapatkan tanggapan dari Bupati Magetan, Dr.Drs.H. Suprawoto, S.H.,M.Si.

“Baris dari anak-anak Paskibraka terlihat bagus, tidak ada yang salah. Besok kalau mereka ingin menjadi TNI atau Polisi sudah memiliki bekal,” ungkap Suprawoto.


Drs.H. Edi Siswanto, M.Pd (Plt.Kasek SMPN 4 Magetan)
Saya yakin, lanjut Bupati, mereka yang menjadi komandan upacara, pembawa bendera serta petugas drumband akan bercerita kepada anak cucunya kelak nanti.

Sementara itu Kepala Dispora Kabupaten Magetan, Suwata, mengatakan penampilan siswa-siwi SMPN 4 Magetan sangat luar biasa. “Semakin hari semakin baik, luar biasa. Ini penampilannya sungguh all out, Paskibrakanya bagus, kemudian atraksi-atraksi yang lain bagus semua dan bisa menjadi tuntunan masyarakat,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Plt. Kepala Sekolah SMPN 4 Magetan, Drs.H. Edi Siswanto, M.Pd., menuturkan semua yang ditampilkan siswanya tersebut merupakan kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Dia berharap, ke depan dengan adanya Parade Surya Senja ini bisa membentuk karakter anak didiknya menjadi nasionalis dan cinta tanah air, sehingga karakter SMPN 4 menjadi luar biasa.

“Ternyata Parade Senja ini bisa membentuk karakter nasionalis, cinta tanah air sehingga karakter SMPN 4 Magetan menjadi luar biasa,” terangnya.

Tarian Flashmob serta pembagian paket bantuan dari Osis SMPN 4 Magetan kepada masyarakat umum yang membutuhkan menjadi penutup dalam acara ini. (NYR)