BERITA TERKINI

Perangi DBD, Pemkab Ponorogo Ajak Warganya Pelihara Ikan Cupang

TEROPONGNUSA.COM, PONOROGO – Untuk mengantisipasi dan meminimalisir wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), berbagai inovasi dilakukan Pemerintah Kabupaten Ponorogo, salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk memelihara ikan Cupang.

“Ikan cupang ini kan makannya jentik nyamuk, maka dari itu kami ajak ibu-ibu Posyandu dan masyarakat untuk memeliharanya di bak penampungan,” ujar Rahayu Kusdarini, Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Ponorogo.

Untuk mendukung hal itu, pihaknya juga membagikan ratusan ikan Cupang kepada masyarakat di Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Babadan pada Senin (13/1).

“Kegiatan ini perlu kita sebarluaskan kepada masyarakat, mudah-mudahan dengan segala upaya pencegahan yang terus kami lakukan, nantinya jumlah penderita bisa kita tekan.” jelasnya.

Pihaknya juga menambahkan, akan terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), bahkan sejak jauh hari sebelum musim penghujan. Hal dilakukan mengingat tahun lalu di Kabupaten Ponorogo ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) DB.(red)