BERITA TERKINI

Sambut Pergantian Tahun, Pentas Wayang Kulit Digelar di Eks Distrik Maospati


TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Menjelang pergantian tahun baru 2020, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) menggelar berbagai kegiatan salah satunya pementasan wayang kulit semalam suntuk di Eks Distrik Maospati, Selasa (31/12).

Wayang kulit yang dipentaskan oleh empat dalang muda asal Magetan ini mambawakan lakon Wahyu Cakraningrat.

Sebelum dimulai, penyerahan gunungan wayang kepada keempat dalang muda dilakukan oleh Bupati Magetan, Dr.Drs.H.Suprawoto, S.H., M.Si., dengan didampingi Wakil Bupati Magetan, Hj. Nanik Sumantri, Kapolres Magetan, AKBP Muhammad Riffai, Komandan Kodim 0804/Magetan, Letkol Czi Chotman Jumei Arisandy, Ketua DPRD Magaten, Sujatno serta Kepala Disparbud Magetan, Venly Tomi Nicolas.

Tidak hanya itu, ratusan warga dari segala usia pun turut hadir untuk menyaksikan acara ini.

Bupati Magetan, Dr.Drs.H.Suprawoto, S.H., M.Si., mengatakan pentas wayang kulit ini merupakan upaya untuk melestarikan seni dan budaya tradisional yang mulai tergerus. Untuk itu serupa juga digelar di beberapa tempat yakni di Kecamatan Parang, Barat, Panekan, Magetan serta Kawasan Wisata Telaga Sarangan.

“Acara ini merupakan wahana aktualisasi para remaja untuk mementaskan wayang kulit. Diharapkan seni pewayangan semakin diminati masyarakat, sehingga mampu mencetak kader-kader penerusnya,” ungkap Bupati.(NYR).