BERITA TERKINI

Selama 2019, Sebanyak 1.368 Unit Rumah di Ponorogo Berhasil Direhab

Salah satu rumah yang telah direhab
TEROPONGNUSA.COM, PONOROGO – Selama tahun 2019 sebanyak 1.368 unit rumah yang tersebar di lima kecamatan seperti Siman, Sampung, Ngrayun, Jenangan, Sukorejo berhasil direhab oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP).

Melalui Kepala Bidang Perumahan dan Tata Bangunan, Dwi Puspitorini, mengatakan kagiatan tersebut merupakan program Bantuan Sosial Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Program RTLH ini merupakan bagian dari layanan dasar Infrastruktur Keciptakaryaan yang meliputi akses air minum, sanitasi dan rumah layak huni,” ucap Dwi pada Kamis (23/01/2020).

Sementara itu sumber dana yang digunakan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Perumahan dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

“Dari 1.368 titik RTLH di Kabupaten Ponorogo yang bersumber dari DAK Perumahan dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS),” terangnya lagi.

Dwi juga menjelaskan, beberapa aspek digunakan dalam menentukan penerima bantuan sosial peningkatan RTLH antara lain, aspek keselamatan, kesehatan dan aspek kecukupan minimal bangunan yakni 9 meter persegi per orang. Sedangkan penerima bantuan tersebut dimulai dari usulan kepala desa kepada bupati yang berikutnya diverifikasi oleh fasilitator RTLH.(*)