BERITA TERKINI

Meski Belum Bisa Dievaluasi, Kebun Refugia Tahun Ini Bakal Digelontor Anggaran Rp3,2M

TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Sejak diresmikan pada akhir Oktober 2019 hingga kini Kebun Refugia belum bisa dievaluasi. Meskipun demikian tempat wisata yang berada di Jalan Raya Magetan-Sarangan atau tepatnya di Kecamatan Plaosan tersebut tahun ini akan digelontorkan anggaran sebesar Rp 3,2 Miliar oleh Pemerintah Kabupaten Magetan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Magetan, Edi Suseno, mengatakan hingga saat ini pihaknya mengaku belum bisa mengevaluasi hasil dari tempat wisata Kebun Refugia karena Peraturan Daerah (Perda) belum bisa dijalankan.

“Ini Perda-nya belum bisa dijalankan, jadi saya tidak bisa mengevaluasi retribusinya dapat berapa. Tapi bisanya adalah saya menjual sayuran dapat berapa,” ujar Edi Suseno kepada teropongnusa.

Menurutnya, maksud dari menjual sayuran tersebut adalah tiket masuk Kebun Refugia senilai Rp 10 ribu yang ketika keluar lokasi bisa ditukarkan dengan sayuran. Namun ketika hasil pertanian di Kebun Refugia tersebut tidak mencukupi untuk penukaran tiket, maka diambilkan dari lahan yang lain.

Dan saat ditanya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Kebun Refugia, pihaknya tidak bisa mengkalkulasi karena penjualan hasil pertanian di Kebun Refugia dijadikan satu dengan lahan yang lain.

“PAD-nya dari penjualan hasil pertanian, tapi kami tidak bisa mengevaluasi karena penjualannya jadi satu dengan lahan yang lain,” jelasnya lagi.

Untuk diketahui, anggaran pembangunan Kebun Refugia ini pada tahap awal mencapai Rp 1 Miliar lebih sehingga total keseluruhan dengan anggaran yang akan digelontorkan pada tahun ini mencapai Rp 4,2 Miliar lebih.(NYR)