BERITA TERKINI

Susun RKPD Tahun 2021, Pemkab Magetan Gelar Musrenbang


Bupati Magetan Suprawoto memberikan sambutan. (Dok.Foto:DNY)
TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menggelar Musrenbang 2020 di Pendopo Surya Graha, Rabu (11/03/2020).

Selain Bupati Magetan, Dr.Drs.H. Suprawoto, S.H,M.Si, beserta wakil Hj. Nanik Endang Rusminiarti dalam Musrenbang tahun 2020 kali ini juga dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Forkopimda, seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkab Magetan serta unsur elemen lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Magetan, Dr.Drs.H. Suprawoto, S.H,M.Si, mengatakan untuk tahun 2021 pihaknya akan memprioritaskan pada peningkatan produktivitas usaha ekonomi produktif melalui Triple Agro yakni Agrowisata, Agroindusti serta Agrobisnis.

Dan untuk mendukung prioritas Tiple Agro tersebut, Pemkab Magetan dalam hal Agrowisata akan mengarahkan kebijakannya pada peningkatan aktifitas wisata seperti kebun sayur, kebun buah, kebun bunga serta kandang ternak. Sedangkan untuk Agroindustri kebijakan diarahkan pada peningkatan kegiatan industru yang memanfaatkan bahan baku hasil pertanian/peternakan seperti pengubahan dan pengawetan melalui perlakuan fisik atau kimiawi, penyimpanan, pengemasan dan distribusi. Dan yang terakhir Agrobisnis mencakup budidaya pertanian/peternakan/perikanan/kehutanan, penyediaan bahan baku, aktifitas pasca panen, proses pengolahan hingga tahap pemasaran.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memukul gong untuk membuka acara (Dok.Foto: DNY)

Perumusan prioritas pembangunan tersebut, selain merupakan penjabaran dari tema Musrenbang RKPD Kabupaten Tahun 2021, mempedomani Raperda RPJMD Kabupaten Magetan Tahun 2018-2023 serta didasarkan pada hasil evaluasi capaian kinerja pada tahun sebelumnya, isu strategis yang berkembang di tahun 2019, arah kebijakan Pemerintah Pusat dan Provinsi Jawa Timur. (NYR)