BERITA TERKINI

Wajib Tahu, Inilah Jenis Bantuan Sosial dari Pemerintah

TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Seiring dengan adanya bantuan sosial, masyarakat wajib tahu tentang jenis-jenis bantuan apa saja yang selama ini digulirkan oleh pemerintah terutama dari Kementerian Sosial. Hal itu dimaksudkan  agar masyarakat paham dan tidak terjadi simpang siur sehingga rentan terjadi konflik sosial.

Sebagaimana diutarakan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Magetan, Yayuk Sri Rahayu, bahwa jenis bantuan yang bersumber dari Kementerian Sosial (Kemensos) antara lain Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Namun dengan adanya pandemi Covid-19 ini ada tambahan berupa BPNT Perluasan dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Bantuan-bantuan dari Kemensos yaitu PKH, BPNT. Dan saat ini BPNT dikenal dengan program sembako yang diberikan regular artinya sebelum adanya pandemi Covid-19 juga sudah diberikan. Namun berhubung dengan adanya pandemi ini ada tambahan BPNT perluasan dan Bansos Tunai,” terang Yayuk.

Kemudian dari Provinsi, lanjut Yayuk, juga memberikan bantuan berupa Jaring Pengaman Sosial (JPS), kemudian Suplemen BPNT.

Pihaknya menegaskan, bagi penerima bantuan tersebut tidak boleh ganda artinya yang sudah dapat dari Kemensos tidak boleh menerima dari Provinsi begitupun sebaliknya. Kemudian juga yang sudah menerima dari Kemensos maupun Provinsi tidak boleh menerima dari Dana Desa.

Meskipun demikian, tentunya bantuan tersebut tidak serta-merta diberikan kepada semua golongan masyarakat melainkan ada persyaratan khusus bagi calon penerimanya.(NYR)