BERITA TERKINI

Ide Kreatifnya Rubah Makanan Jadul Menjadi Modern

(Mak Ayik bersama produk hasil kreasinya)

TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Seperti kita ketahui, selama ini produk camilan atau oleh-oleh yang berbahan dasar makanan tradisional telah banyak dijadikan ladang bisnis hingga diolah menjadi makanan kekinian bagi sebagian orang. 

Salah satunya adalah Bu Ayik atau akrab disapa Mak Ayik warga perumahan Bandarsari, Kecamatan Magetan yang telah berhasil merubah tempe menjadi makanan modern.

Idenya tersebut berawal dari dirinya yang kala itu melihat tempe di pasaran melimpah ruah dan hanya dijadikan camilan biasa saja. Karena itulah dia mencoba berinovasi untuk menemukan ide kreatif dengan berbahan dasar tempe tersebut.

“Sebelumnya saya melihat tempe di pasaran itu berlimpah dan kebanyakan hanya dibuat gorengan. Karena itulah saya ingin berinovasi lain bagaimana caranya tempe tidak hanya menjadi gorengan biasa,” tuturnya kepada teropongnusa.com.

Alhasil, setelah berjalan beberapa waktu kemudian dirinya menemukan ide kreatif yang memadukan tempe dengan coklat hingga menjadi camilan yang berkelas. Bahkan dia pun memanfaatkan hasil kreasinya tersebut sebagai sumber penghasilan dengan menjualnya ke pasaran.

"Setelah saya menemukan resepnya, lalu saya beri nama Cothe yang artinya coklat tempe," ujar Mak Ayik.

Pelan tapi pasti, masyarakat pun menerima produk olahannya tersebut. Hal itu bisa dilihat dari grafik omset penjualannya yang kian hari kian meningkat. Bahkan tidak hanya dalam negeri saja, Cothe miliknya juga pernah dikirim ke luar negeri untuk melayani pembeli. (NYR)