BERITA TERKINI

Panen Raya Padi di Prajegan, POC Jadi Andalan Bupati Ipong

Bupati Ponorogo kemudikan combine

TEROPONGNUSA.COM, PONOROGO – Dengan diawali mengemudikan combine atau mesin panen padi modern, Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni melakukan panen raya padi organik di Desa Prajegan, Kecamatan Sukorejo, Rabu (29/7/2020).

Pihaknya mengatakan, panen raya merupakan pengembangan pertanian ramah lingkungan dengan menggunakan Pupuk Organik Cair (POC) yang berasal dari bantuan Pemerintah Kabupaten Ponorogo. Dan POC sendiri adalah sebagai bentuk komitmen dalam program prioritasnya menuju pertanian organic.

“POC ini sudah diberikan sejak tahun 2017 hingga 2020 ini, sehingga bisa menekan angka produksi dan hasil panennya tetap berlimpah,” bebernya.

Pihaknya juga mengatakan, sawah di Ponorogo selama empat tahun ini telah menggunakan pupuk organik.  Sehingga menurutnya, produksi menjadi sehat dan produktifitasnya juga meningkat.

Ipong menyebut, untuk lahan yang ditanami padi ada 34 ribu hektar lebih dan setelah menggunakan POC rata-rata panen padi dalam satu hektar bisa mencapai 7 hingga 8 Ton gabah. Maka jika dalam setahun ada dua kali panen berarti total lahan yang ditanami padi mencapai 70 ribu hektar sawah, sehingga total keseluruhan hasil panen di Ponorogo mencapai 500 Ton gabah pertahunnya.

Sementara di sisi lain untuk konsumsi masyarakat Ponorogo pertahunnya hanya sekitar 200 Ton gabah, jadi masih ada sekitar 300 Ton gabah yang bisa disimpan atau dijual oleh petani. (NYR)