BERITA TERKINI

Sempat Terhenti Karena Pandemi, Gebyar Reyog Ponorogo Akan Dicanangkan Kembali

(Penari Jathil memakai Face Shield)

TEROPONGNUSA.COM, PONOROGO – Setelah sempat terhenti karena dampak pandemi Covid-19, kini Gebyar Reyog yang semula diadakan tanggal 11 setiap bulannya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo akan kembali dicanangkan.

Kepala Disbudparpora Kabupaten Ponorogo, Agus Sugiarto, mengatakan pencanangan tersebut merupakan titik uji coba untuk menampilkan reyog di tengah pandemi global Covid-19.

Menurutnya, hal itu dilakukan karena banyaknya permintaan dari masyarakat yang selama pandemi ini tidak menyaksikan pertunjukan reyog.

“Pencanangan ini sebagai acuan evaluasi bagi Disbudparpora dalam menyelenggarakan di bulan depan, karena masih di tengah pandemi standart protokoler kesehatan menjadi sangat wajib saat menyaksikan reyog.” terang Agus, Selasa (14/7/2020).

Meski demikian, pihaknya akan tetap mengevaluasi setiap pertunjukan digelar untuk menentukan akan terus dilanjutkan atau tidaknya. “Nanti tetap akan kita evaluasi, kalau bagus bulan depan akan kita adakan lagi, kalau tidak ya kita tunda,” tandasnya.

Selama pertunjukan, Agus berharap kepada masyarakat agar patuh dan disiplin dalam hal protokoler kesehatan supaya pelestarian budaya reyog tersebut tetap bisa dilanjutkan.(NYR/fdl)