BERITA TERKINI

Pemukiman di Puncak Gunung Bancak, Lain Dulu Lain Sekarang

 

(Gunung Bancak dari kejauhan)
 

TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Dengan ketinggian kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut, Gunung Bancak yang berdiri di tiga wilayah kecamatan Kabupaten Magetan yakni Kawedanan, Lembeyan, serta Parang ini ternyata di puncaknya terdapat sebuah pemukiman.

Saat ini pemukiman tersebut dihuni oleh 14 kepala keluarga dengan mendiami 14 rumah. Meski demikian, jumlah itu tidak serta merta tetap dari dulu hingga sekarang karena ada sebagian warga yang telah pindah ke tempat lain.

Secara administratif, pemukiman di puncak Gunung Bancak ini termasuk bagian dari Dusun Santren, Desa Giripurno, Kecamatan Kawedanan.

(Mbah Sadikan, tokoh masyarakat setempat)
 

Menurut Mbah Sadikan, Tokoh Masyarakat setempat, dulu akses menuju pemukiman ini masih berupa jalan tanah dan sedikit bebatuan. Bahkan untuk air minum saja harus rela mengambil ke bawah gunung.

“Sekarang jalannya sudah aspal, dan untuk air minum sudah tidak repot lagi karena sudah ada pipa saluran air dengan sistem sewa sesuai pemakaian,” ungkapnya.

Dan seiring perkembangan jaman, yang dulunya hanya berjalan kaki, sekarang sebagian warga sudah memiliki kendaraan bermotor untuk beraktifitas. Begitu juga dengan bangunan, dulu masih banyak yang terbuat dari bambu namun sekarang sudah terbuat dari tembok.(nyr)