BERITA TERKINI

Bupati Magetan Melaunching Mobile Container Laboratorium PCR

(Bupati Magetan, Suprawoto menyiramkan air kendi ke Mobile PCR)

TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Bupati Magetan, Suprawoto, melaunching Mobile Container Laboratorium Real Time PCR-BSL 2 di Pendopo Surya Graha, Sabtu (24/10/2020).

Mobile Container seharga kurang lebih Rp3,8 Miliar yang bersumber dari APBD tersebut merupakan satu-satunya di Jawa Timur. Sehingga nantinya dapat mempercepat pemeriksaan tes Swab karena memiliki kapasitas 400-500 Reagen per hari. Sedangkan untuk pemilihan lokasi,  Mobile Container ini akan ditempatkan di area Stadion Magetan.

(Bupati Magetan, Suprawoto serahkan kunci simbolis Mobile ke Kadinkes, dr Hariadi)

Bupati Magetan, Suprawoto, menjelaskan sebelum adanya Mobile ini untuk mengetahui hasil tes Swab memerlukan waktu 4-5 hari karena harus mengirim ke Surabaya.

“Kita biasanya 4-5 hari, karena harus kirim ke Surabaya. Tapi dengan adanya Mobile ini cukup 4 jam sudah selesai,” ucapnya.

(Mobile Container Laboratorium Real Time PCR-BSL 2)

Jadi dengan adanya Mobile Container ini, Pemerintah Kabupaten Magetan telah memiliki dua Laboratorium Kesehatan yang mana satunya berada di RSUD dr. Sayidiman.

Untuk diketahui, PCR atau Polymerase Chain Reaction adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus. Saat ini, PCR juga digunakan untuk mendiagnosis penyakit COVID-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.(NYR)