BERITA TERKINI

Dipimpin Harsono, Kelurahan Alastuwo Miliki Prestasi dan Potensi Membanggakan

(Harsono, Kepala Kelurahan Alastuwo)

TEROPONGNUSA.COM - MAGETAN – Meskipun berada di daerah pinggir dan di dataran tinggi, Kelurahan Alastuwo,  Kecamatan Poncol ternyata menyimpan prestasi dan potensi alam yang patut dibanggakan.

 

Betapa tidak, prestasi membanggakan tersebut adalah pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang semestinya berakhir pada bulan September setiap tahunnya, namun sudah terlunasi pada bulan sebelumnya.

 

Kepala Kelurahan Alastuwo, Harsono mengatakan, pelunasan PBB sebelum masa akhir pembayaran itu sudah sering dilakukan terutama di bawah kepemimpinannya yang sudah 5 tahun ini.

 

“Untuk pelunasan PBB harusnya sampai akhir bulan Septembar tapi Kelurahan Alastuwo itu seringkali di bulan Mei sudah lunas,” terang Harsono.

 

Dan karena prestasi tersebut, Kelurahan Alastuwo pun juga mendapat piagam penghargaan dari Pemkab Magetan.

 

Sementara untuk potensi yang patut dibanggakan lainnya di Kelurahan Alastuwo ini adalah adanya kebun kopi. Menurut Harsono, sebagian besar lahan di Alastuwo banyak ditanami pohon kopi dengan berbagai jenis. Dan hingga kini dari luasan 10 ribu hektar di Gunung Tambal sudah ada sekitar 1500 pohon kopi yang berbuah.

 

“Lahan di sini banyak ditanami kopi, dan dari luasan sekitar 10 ribu hektar kebun kopi milik masyarakat di Gunung Tambal itu saat ini yang sudah berbuah sekitar 1500 pohon,” pungkas Harsono.

 

Melihat potensi tersebut, lebih jauh Harsono merencanakan ingin membuat destinasi wisata di area kebun kopi tersebut. “Rencananya kita akan membuat destinasi wisata di kebun kopi,” tambahnya.

 

Untuk diketahui, Alastuwo merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, Alastuwo masih memiliki hutan yang cukup luas dan hutan yang ada di daerah ini adalah hutan Pinus.(NYR)