BERITA TERKINI

DPUPR Bidang Cipta Karya Gelar Bimtek untuk Tingkatkan Kapasitas SDM di Bidang Jasa Konstruksi

(Pelaksanaan Bimtek secara Daring oleh DPUPR Magetan Bidang Cipta Karya)

TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN
– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magetan Bidang Cipta Karya menggelar Sosialisasi Penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK). Hal itu dilakukan guna meningkatkan kapasitas kompetensi sumber daya manusia di bidang Jasa Konstruksi serta untuk menghasilkan petugas keselamatan konstruksi yang merupakan bentuk pembinaan terkait keselamatan konstruksi kepada pelaku jasa konstruksi di Indonesia.

Adapun peserta Bimtek tersebut terdiri dari ASN sebanyak 11 orang dan peserta dari penyedia jasa konstruksi sebanyak 39 orang. Dan waktu pelaksanaannya yakni selama 5 hari mulai tanggal 19 – 23 Oktober 2020 dengan tanpa tatap muka atau secara daring.

Sedangkan narasumber dari pelaksanaan Bimtek berasal dari Pejabat Struktural Kementerian PUPR, Tenaga Ahli Utama K3 Konstruksi, Asosiasi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi (A2K4) serta dari BJPS Ketenagakerjaan.

Kepala DPUPR Kabupaten Magetan, melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Rokhmat Zainuddin berharap, setelah diadakannya Bimtek ini seluruh peserta dari ASN dan penyedia jasa konstruksi menjadi lebih paham tentang alur SMKK dan menerapkan secara disiplin di semua pekerjaan.

“Semoga semua semakin paham dengan SMKK, jadi bisa diterapkan dengan baik, apalagi sebentar lagi sudah memasuki tahun 2021 yang kita juga belum tahu bagaimana syarat atau aturan baru untuk para penyedia konstruksi," terangnya.

Sementara itu materi dalam kegiatan ini meliputi Kebijakan Pemerintah tentang Keselamatan Konstruksi, Peraturan Perundang-undangan, Penjaminan Mutu dan Pengendalian Mutu, Penerapan Keselamatan Konstruksi pada Pengadaan Jasa Konstruksi, Dasar-dasar Keselamatan Konstruksi, Manajemen Lingkungan dan Hygiene, Pengetahuan Dasar tentang Pencegahan HIV/AIDS di sektor konstruksi, Penanggulangan keadaan darurat pada pekerjaan konstruksi, Rancangan Konseptual SMKK dan RKK dalam dokumen penawaran, RKK Pelaksanaan, serta Studi Kasus dan Penyusunan Makalah.

Dan untuk diketahui, Bimtek SMKK ini dilakakukan dalam dua gelombang yang mana gelombang kedua akan digelar pada tanggal 2 – 6 November 2020 dengan jumlah peserta sama yakni 50 orang.(NYR)