BERITA TERKINI

Kembangkan Batik Khas Magetan, Disparbud Gelar Festival Batik 2020

Peserta Festival Batik 2020 sedang tampil di atas panggung

 

TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Sebagai upaya dalam mengembangkan batik lokal Magetan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan menggelar Batik Festival 2020 di Pendopo Surya Graha, Selasa (8/12) malam.

 

Sebanyak 28 peserta dengan mengenakan batik khas Magetan ikut dalam ajang festival ini. Mereka berusaha memperlihatkan batik terbaiknya di hadapan para juri dan penonton.

 

Kepala Disparbud Kabupaten Magetan, Joko Trihono, mengatakan kegiatan ini bukan hanya seremonial saja, namun sebagai upaya-upaya pembinaan ekonomi kreatif terutama batik agar terus berkembang.

 

“Bukan hanya seremonial saja, tapi ini juga sebagai upaya-upaya pembinaan dengan keterkaitan ekonomi kreatif utamanya batik agar terus berkembang,” jelas Joko.

 

Sehingga, lanjut Joko Trihono, apa yang menjadi tuntutan masyarakat terkait dengan motif batik bisa dicukupi oleh pengrajin di Kabupaten Magetan.

 

Sejalan dengan itu, Bupati Magetan, Suprawoto, mengatakan juga turut mendukung demi perkembangan dan kemajuan batik di Magetan.

 

“Saya akan membuat kebijakan-kebijakan yang membuat ekosistem pengrajin itu tumbuh. Sekarang kita baru membuat kebijakan misalkan Jumat sama Kamis memakai batik bebas yang penting khas Magetan,” pungkas Suprawoto.

 

Berkat kebijakan tersebut jumlah pengrajin batik khas Magetan yang dulunya hanya sekitar 6, namun sekarang sudah bertambah menjadi 28, yang mana semuanya ikut dalam festival kali ini.

 

Dan sebagai bentuk penghargaan, juara utama hingga juara harapan dalam Festival Batik 2020 ini diberikan uang pembinaan.(NYR)