BERITA TERKINI

Menikmati Matahari Terbit di Bromo, Bukit Cinta Jadi Pilihan

(Matahari terbit di Bromo)

TEROPONGNUSA.COM, WISATA – Menikmati indahnya matahari terbit merupakan agenda utama ketika mengunjungi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Meskipun bisa dinikmati dari beberapa lokasi, namun Bukit Cinta adalah lokasi terpopuler bagi kalangan wisata.

 

Bukit yang memiliki ketinggian 2.680 mdpl ini bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor. Namun sebagian besar pengunjung apalagi rombongan, lebih memilih menyewa jeep dengan harga sewa kurang lebih Rp650 ribu.

 

Dari sini pengunjung sudah bisa melihat Kaldera Tengger, yakni Gunung Bromo, Gunung Kursi, Watangan, dan Gunung Widodaren. Tidak hanya itu, dari tempat ini pengunjung juga bisa melihat gagahnya puncak tertinggi di Pulau Jawa, yaitu Puncak Mahameru. Sedangkan bagi yang suka berfoto pastinya tidak perlu kuatir karena di lokasi ini banyak terdapat spot-spotnya.

 

(Pengunjung saat berfoto di Area Bukit Cinta)

Sesuai papan informasi TNBTS, Suku Tengger menamai tempat ini dengan sebutan Lemah Pasar yang nama aslinya Pasar Agung. Dan ini merupakan tempat digelarnya upacara adat.

 

Sementara bagi pengunjung yang tidak membawa bekal dan kuatir kelaparan, di Bukit Cinta ini sudah terdapat banyak kedai yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman. Pun demikian bagi pemeluk agama Islam yang ingin menunaikan kewajiban juga sudah disediakan musholla, meskipun kecil dan harus bergantian dengan pengunjung lain tapi itu tidak mengapa.

 

“Hawa dingin dan rasa lelah sehabis perjalanan ke sini seketika hilang bila sudah melihat sunrise dan pemandangan di Bukit Cinta,” ungkap Denny salah satu pengunjung.

 

Untuk diketahui, Bukit Cinta ini biasanya dijadikan tujuan pertama bagi setiap perjalanan wisata di Bromo. Mengingat di Bromo sendiri juga terdapat lokasi-lokasi wisata lain seperti Gunung Kawah, Lautan Pasir serta Padang Savana atau Bukit Teletubbis. (NYR)