BERITA TERKINI

Pengisian Perangkat Desa Nitikan, Tes Komputer Bakal Diulang Lagi

Wahyu Purwanto, Ketua Panitia seleksi perangkat Desa Nitikan berbaju putih

TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN
– Tes komputer pada proses pengisian Perangkat Desa Nitikan, Kecamatan Plaosan yang sudah digelar beberapa waktu lalu terpaksa harus diulang bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus oleh panitia. Hal itulah yang disampaikan Camat Plaosan, Permadi Bagus D, di Kantor Desa Nitikan, Rabu (2/12).

 

Menurut Permadi Bagus, panitia pengisian Perangkat Desa telah melakukan kesalahan terkait tidak disampaikannya parameter lolos atau tidaknya seorang peserta dalam menjawab soal ujian.

 

“Kesalahannya panitia terkait dengan parameter seseorang dikatakan lolos itu tidak disampaikan di awal, maka dari itu tadi saya bersama jajaran Forkopimca lainnya menyampaikan ke panitia bahwa ujian komputer di Desa Nitikan akan diulang khusus bagi yang tidak lolos,” jelas Permadi Bagus.

 

Sebelum keputusan itu diambil, pada hari yang sama peserta yang tidak lolos sempat mendatangi Kantor Desa Nitikan untuk menuntut keadilan kepada pihak panitia.

 

Seperti misalnya Yuda, salah satu peserta yang tidak lolos, mengatakan bahwa jawaban dari soal yang dikerjakannya kala itu sudah benar sesuai perintah pertanyaan. Namun dinyatakan salah karena tidak menggunakan rumus yang menjadi kriteria panitia.

 

“Jawaban saya itu benar, tapi pihak panitia menyatakan salah dengan alasan rumus yang saya pakai tidak sesuai kriteria mereka yang mana tidak dijelaskan dalam soal ujian,” beber Yuda.

 

Sementara, Ketua Panitia pengisian Perangkat Desa Nitikan, Wahyu Purwanto, mengaku bahwa kriteria penilaian memang tidak disertakan dalam soal. Meski demikian pihaknya menilai itu sebagai kewajaran dalam sebuah ujian. “Kriteria penilaian memang tidak diberitahukan ke peserta, tapi itu sudah wajar dalam sebuah ujian,” ucap Wahyu Purwanto.

 

Kedua belah pihak  pun sempat bersitegang saat mediasi di Kantor Desa. Dan situasi mulai reda setelah mendengar keputusan dari Camat Plaosan agar dilakukan ujian ulang bagi peserta yang tidak lolos ujian komputer.

 

Untuk diketahui, ujian komputer tersebut merupakan salah satu syarat kelengkapan berkas dalam mengikuti seleksi pengisian Perangkat Desa Nitikan, Kecamatan Plaosan yang saat ini membuka dua lowongan posisi yakni Sekretaris Desa dan Kasi Pemerintahan.(NYR)