BERITA TERKINI

Selo Gedong Wisata Alam Lereng Wilis Simpan Pesona Alam Menawan


TEROPONGNUSA.COM, MADIUN – Berada di Dukuh Butuh, Desa Bodag, Kecamatan Kare, Selo Gedong merupakan tempat wisata di lereng Gunung Wilis yang menyimpan keindahan alam nan menawan.

 

Betapa tidak, selain merasakan kesejukan udara dan mendengar suara hembusan angin seperti di puncak gunung tertinggi, di tempat ini pula daerah-daerah lain seperti wilayah Kabupaten Madiun maupun Magetan dapat terlihat, termasuk telaga Sarangan yang berada di lereng Gunung Lawu yang jaraknya puluhan kilometer dari Selo Gedong ini.

 


 

Tidak hanya itu, yang biasanya di suatu tempat hanya memiliki sunrise atau sunsite saja, di Selo Gedong ternyata bisa mendapatkan keduanya. Terlebih saat musim kemarau, kedua momen itu dapat terlihat jelas keindahannya.

 

Pun demikian bagi yang ingin mengabadikan momen di kamera, dengan mengambil latar belakang semua tersebut tentunya akan menambah nilai estetika dan keindahan fotografi atau videografinya.

 


 

Sebagai nilai tambah, di Selo Gedong terdapat pula akses menuju jalur pendakian Gunung Kukusan dan Manjatan.

 

Sementara itu, untuk mencapai lokasi Selo Gedong pengunjung bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat yang jarak dari pintu masuk sekitar 1,5 Km dengan medan yang sedikit ekstrim. Namun bagi yang tidak ingin berkendara sendiri tidak perlu kuatir, karena di pintu masuk juga terdapat jasa ojek.   

 

Untuk diketahui nama Selo Gedong sendiri diambil dari keberadaan sebuah batu besar diantara bebatuan lainnya. Yang mana penempatan batu-batu tersebut terjadi secara alami sejak dahulu kala.

 

Pengelola Selo Gedong, Imam Sunarji, mengatakan pembukaan wisata tersebut baru dilakukan sekitar 3 tahunan. Dan hingga kini terus dilakukan penambahan wahana-wahana untuk menambah daya tarik.

 

“Rencananya pasar berbagai jenis bibit tanaman termasuk anggrek juga akan kami bangun di area ini, supaya nanti bisa dijadikan oleh-oleh pengunjung,” terang Imam Sunarji atau yang akrab disapa Mbah Dongkol.

 

Ia menambahkan, untuk bahan baku jenis tanaman diambilkan dari warga sekitar. Sebab dari dulu hingga saat ini setiap rumah di sekitar wisata Selo Gedong sebagian besar telah memberdayakan berbagai jenis bibit tanaman.

Reporter: Denny Rubi