BERITA TERKINI

Tak Menunggu Lama, Talud Rusak Akibat Diterjang Banjir di Desa Pendem Langsung Diperbaiki

Pengerjaan kembali talud yang rusak

 

TEROPONGNUSA.COM, MAGETAN – Rusak akibat diterjang arus sungai yang deras pasca hujan lebat, talud jalan di Desa Pendem, Kecamatan Ngariboyo, langsung diperbaiki, Selasa (5/1/2021).

 

Menurut data, talud tersebut merupakan proyek pemeliharaan jalan Selotinatah-Pendem yang dikerjakan oleh CV. Tunas Indah dengan total biaya Rp188.947.000, dan masa pelaksanaannya selama 27 hari kalender yang baru selesai pada akhir Desember 2020.

 

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magetan, Didiek, membenarkan hal tersebut. Dia menjelaskan proyek tersebut masih dalam masa pemeliharaan rekanan. Maka dari itu kerusakan yang terjadi saat ini juga  merupakan tanggung jawab rekanan.

 

“Itu masih dalam masa pemeliharaan rekanan karena baru selesai pada akhir Desember tahun kemarin. Tapi begitu mendapat kabar kalau rusak, Senin sore (4 Januari-red) kemarin rekanan sudah mendatangkan alat berat,” jelas Didiek, Selasa (5/1/2021).

 

Sementara itu di tempat terpisah, konsultan pengawas proyek CV. Jaya Konsultan, Samsul, mengatakan meskipun ini termasuk bencana namun dirinya tetap bertanggungjawab karena masih dalam pengawasannya.

 

“Karena ini memang sifatnya bencana mau tidak mau kita harus bertanggungjawab termasuk saya, karena ini masih dalam pengawasan saya,” ujar Samsul.

 

Pihaknya pun juga sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk merubah desain gambar yang lama. “Kita sudah berkoordinasi dengan dinas dan sudah merespon, artinya desain yang lama kita rubah karena melihat situasi di lapangan,” tambahnya.

 

Hingga berita ini ditayangkan, talud yang rusak tersebut sudah dilakukan perbaikan dengan menggunakan alat berat. Dan rencananya sebagai bentuk pertisipatif, pihak kontraktor pelaksana juga akan mendatangkan tanah urug sebanyak 17 dump  truk.(NYR)