BERITA TERKINI

Berkat Optimisnya Geluti Dunia Porang, Kini Sukatno Lahirkan Perporma

 

(Sukatno saat memberikan sambutan di depan anggota Perporma)

 

TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN – Berkat optimisnya dalam menggeluti dunia tanaman Porang, kini Sukatno warga Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo telah berhasil membentuk Perhimpunan Petani Porang Magetan (Perporma).

 

Perporma tersebut murni diresmikannya pada Minggu 14 Maret 2021 di Gubug Remen, Jalan Raya Sarangan KM 7, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan.

 

Tidak hanya peresmian saja, dalam kesempatan tersebut juga sekaligus dilakukan Pengukuhan Kepengurusan Perporma.

 

“Tujuan dibentuknya Perporma ini untuk mengangkat ekonomi rakyat Magetan dalam bentuk Porang,” ujar Sukatno, Ketua Perporma.

 

(Foto bersama pengurus dan anggota Perporma)

Menurutnya, hal itu dikarenakan banyaknya lahan kritis di wilayah Kabupaten Magetan yang belum digali potensinya. Selain itu, dengan adanya wadah Perporma ini nantinya bisa membantu para petani Porang dalam menjual hasil panennya.

 

Lebih jauh, lanjut Sukatno, dengan Perporma ini juga akan membuka pelatihan terkait dunia Porang kepada masyarakat. "Ke depan melalui Perporma ini tidak menutup kemungkinan akan membuka pelatihan khusus tanaman Porang kepada masyarakat," ucapnya. 

 

Sementara itu salah satu pengurus Perporma, Sukardi, berharap kepada masyarakat khususnya di wilayah Magetan ini untuk ikut optimis dengan bertani Porang. Sebab, menurutnya Porang dari azas kemanfaatannya sangat luar biasa dan bisa hidup di segala bentuk tanah dan cuaca. (NYR)

Berita terkait: Katno Petani Asal Magetan Optimis Sukses Berkat Tanam Porang