BERITA TERKINI

Terapkan PPKM Mikro, Desa Sambirejo Nol Covid-19

 

(Dari kiri: Sekdes Sambirejo, Budi, Modin, Babinsa)

TEROPONGNUSA.COM | MADIUN - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Pemerintah Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun berjalan baik. Hasilnya, warga yang terpapar Covid-19 turun drastis, bahkan selama delapan hari terakhir tercatat nol paparan Covid-19.

 

“Warga yang terpapar Covid itu sudah menurun drastis. Bahkan selama delapan hari terakhir ini yang jelas nol,” terang Suratno, Kepala Desa Sambirejo, Rabu (24/3/2021).

 

Ia menambahkan, dari 4 dusun terdapat pos masing-masing dan yang menjabat sebagai koordinator tiap pos tersebut adalah kepala dusun setempat.

 

(Suratno, Kepala Desa Sambirejo)


 

“Koordinator di lapangan adalah Kasunnya masing-masing dengan membawahi para relawan,” imbuh Kades.

 

Di tempat yang sama, terkait mekanisme pelaksanaannya, Sekretaris Desa Sambirejo, M Budi Fajar Wibowo mengatakan, jika ada warga yang terpapar Covid-19, pertama kali laporan diterima Ketua RT setiap wilayah. Lalu Ketua RT melaporkannya ke pos yang ada di tiap dusun dan kemudian laporan tersebut dilanjutkan oleh relawan pos ke Posko PPKM Mikro di Kantor Desa Sambirejo.

 

“Jadi setelah kita menerima informasi, lalu kita menghubungi Bu Bidan. Dan Bu Bidan kita kasih tau data-data warga terpapar tersebut hingga hasil Swab dan lainnya,” imbuh Budi Fajar Wibowo.

 


(Rumah isolasi di Posko PPKM Mikro Desa Sambirejo)

 

Barulah setelah itu, lanjut Budi, Bidan bersama Petugas Posko seperti Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kasun mendatangi yang bersangkutan untuk dilakukan tindakan selanjutnya berupa isolasi ataupun karantina.

 

Untuk diketahui, di Posko PPKM Mikro, Desa Sambirejo tersebut terdapat berbagai perlengkapan terkait penanganan Covid-19 diantaranya baju APD, kasur, pengukur suhu tubuh, kasur lipat, masker, sepatu boot dan lain-lainnya hingga rumah isolasi yang terjaga kebersihannya. Selain itu, bagi warga yang melakukan isolasi mandiri, pihak Pemdes Sambirejo juga telah menyiapkan logistik berupa kebutuhan pokok.(NYR)