BERITA TERKINI

Tahun 2021 Ponorogo Pastikan Zero Pasung ODGJ


 

TEROPONGNUSA.COM | PONOROGO – Dari jumlah 15 ODGJ yang tersebar di sembilan kecamatan atau tepatnya di 14 desa se Kabupaten Ponorogo, terdapat 8 orang masih dalam  keadaan terpasung dan 7 lainnya pernah dilepas namun kembali dipasung.

 

Berkaitan dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten Ponorogo pada pertengahan Juni ini memastikan zero pasung. Dan secara bertahap para ODGJ akan dilepas pasungannya dan menjalani pengobatan.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, Rahayu Irine Kusdarini, mengatakan lepas pasung merupakan salah satu program 99 hari kerja Bupati Sugiri Sancoko dan Wabup Lisdyarita.

 

“Ini adalah bentuk dukungan Bupati Sugiri yang sangat baik atas program penyehatan jiwa di Ponorogo. Sehingga kami yakin, pertengahan Juni, bahkan sebelum 6 Juni Ponorogo sudah zero pasung,” ujar Kadinkes Ponorogo, Jumat (28/5/2021).

 

Sementara itu, lanjut Rahayu, penanganan usai pelepasan pasung terbagi menjadi dua yakni penanganan berbasis masyarakat, yang mana ODGJ akan dilepas pasungnya dan diberikan pengobatan maupun pengawasan rutin. Yang kedua setelah dilepas akan dirujuk ke rumah sakit untuk pengobatan.