BERITA TERKINI

Air Sungai Beringin Banjarejo Kembali Berubah Warna, Diduga Limbah B3


TEROPONGNUSA.COM 
| MAGETANTerulang kembali, diduga limbah B3 hasil pengolahan kulit dibuang di aliran Sungai Beringin atau tepatnya di Desa Banjarejo, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, Jumat (27/11/2021) sore.

Berdasarkan sumber yang tidak bisa disebutkan namanya, para pelaku penyamak kulit sering membuang limbah bekas pengolahan kulit ke sungai, sehingga seakan-akan mereka tidak berfikir panjang akan dampak ekosistem yang ada di jalur sungai tersebut.

Artinya, perilaku itu melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pengelolaan Limbah Berbahaya dan Beracun.

Disaat awak media melakukan konfirmasi ke salah satu penyamak kulit di Dukuh Alas Malang berinisial S mengatakan permintaan maafnya. "Maaf mas saya kira sudah hujan, sungai juga banjir ternyata belum," ujarnya.

Padahal sudah ditegaskan, setiap orang yang melakukan usaha dan atau kegiatan yang menghasilkan limbah B3 dilarang membuangnya secara langsung ke dalam media lingkungan hidup, tanpa pengolahan terlebih dahulu.
 
Sampai berita ini ditayangkan, saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Ketua Asosiasi Penyamak Kulit setempat, Jumadi, belum bisa dihubungi.(AL)