BERITA TERKINI

Buka Pameran Tosan Aji, Bupati Suprawoto Inginkan Transformasi Budaya ke Anak-anak

Bupati Suprawoto memukul gong untuk penanda dibukanya pameran


TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN – Bupati Magetan, Suprawoto membuka Pameran Tosan Aji 2021 yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan bersama Pekatik Magetan di Gedung Tripandita.

 

Turut hadir dalam pembukaan, jajaran Forkopimda dan OPD terkait. Sedangkan peserta yang mengikuti pameran sebanyak 170 Tosan Aji yang berasal dari berbagai daerah, seperti Magetan, Madiun, Kediri, Ngawi, Surakarta, Jogja, Malang, Mojokerto, Ponorogo dan Pekalongan.

 

Dalam sambutannya, Bupati Magetan, Suprawoto, mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut arahan dari Presiden, yang mana kegiatan ekonomi agar menggeliat bagi kelangsungan hidup masyarakat dan negara.

 

Bupati berharap agar pameran yang digelar pada 25 – 27 November 2021 tersebut dapat dilakukan rutin di kemudian hari. Mengingat Tosan Aji adalah salah satu warisan budaya yang diakui dunia.



 

"Marilah kita transformasikan warisan budaya ini kepada anak-anak kita, utamanya anak-anak di era millenial agar mereka nantinya tidak tercabut dengan budaya asing," ungkap Bupati Suprawoto usai membuka acara, Kamis (25/11/2021).

 

Untuk diketahui, Tosan Aji merupakan senjata pusaka tradisional. Istilah ini merujuk pada segala macam senjata tradisional, yang terbuat dari besi dan dianggap sebagai Pusaka. Secara umum Tosan Aji diciptakan tidak hanya sebagai senjata tapi juga sebagai sifat kandel bagi pemiliknya, Yaitu sesuatu yang dapat membangkitkan keberanian, keyakinan bagi pemilik Tosan Aji tersebut.(NYR).