BERITA TERKINI

BUMDes Agung Kencono Gelar “Penanaman Bersama Tanaman Produktif”, Peporma Turut Mendampingi

 


TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN – Pemerintah Desa Tambakmas, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan, Jawa Timur melalui BUMDes Agung Kencono yang didampingi Perhimpunan Petani Porang (Peporma) menggelar “Penanaman Bersama Tanaman Produktif” di lahan desa, Jumat (12/11/2021).

 

Kepala Desa Tambakmas, Setyo Budi, mengatakan tujuan daripada penanaman bersama tersebut adalah untuk meningkatkan hasil produksi masyarakat. Ia menyebut, selama ini masyarakat petani di wilayahnya merupakan petani statis yang tanamannya hanya tebu. Hal itu dikarenakan jenis tanah di Desa Tambakmas adalah tanah kering.

 

“Kami ingin membangkitkan masyarakat untuk beralih penanaman yang menjanjikan yaitu tanaman Porang,” ujar Setyo Budi kepada media ini.

 

Kades Setyo Budi juga menambahkan, dalam pelaksanaannya nanti akan diserahkan ke BUMDes. Dan dia berharap, agar BUMDes melibatkan seluruh kelompok tani yang ada di Desa Tambakmas.

 



Sementara itu, selain Porang, Pemdes juga turut menanam tanaman buah seperti Alpukat, Mangga, Sirsat dan lain-lainnya.

 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Peporma, Sukatno, mengatakan ucapan terima-kasihnya kepada semua pihak khususnya Pemdes Tambakmas yang telah mencanangkan menanam Porang. “Saya siap untuk mendampingi arah ending pemasarannya dan perawatannya,” ujar Sukatno.

 

Penanaman Bersama Tanaman Produktif kali ini juga mendapat sambutan positif dari Camat Sukomoro, Kun Ihwan Hidayat. Ia mengatakan, meskipun tanaman produktif tidak bisa langsung dinikmati, namun dirinya yakin, untuk kedepannya hasil yang didapat akan luar biasa.(NYR)