BERITA TERKINI

Peningkatan Kapasitas KIM Melalui Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi



TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN - Peningkatan kompetensi bagi anggota Kelompok Informasi Masyarakat di tengah derasnya arus informasi di era digitalisasi menjadi keharusan agar KIM dapat mengikuti perkembangan yang ada. Eksitensi Kelompok Informasi Masyarakat yang sangat strategis menuntut setiap anggota KIM untuk terus bisa berkembang sesuai dengan situasi yang ada . Kelompok infomasi yang dibangun secara mandiri oleh komunitas masyarakat menjadi garda terdepan dalam desiminasi informasi kepada masyarakat.


Menyadari hal tersebut Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magetan  mengadakan Pelatihan Jurnalistik dan Fotografi Bagi anggota KIM se Kabupaten Magetan. Pelatihan yang  diikuti 25 Peserta dari 11  KIM yang ada  di Magetan, bertempat di Balai Kelurahan Bulukerto, Rabu (3/11).


Kepala Dinas Kominfo kab, Magetan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Keberadaan KIM sebagai mitra Pemerintah dalam desiminasi informasi ke masyarakat sangat penting .ditengah kencangnya informasi yang berkembang  melalui  media digital.


“ KIM harus bisa mengembangkan kopetensi anggotanya dengan meningkatkan kemampuan yang bisa menunjang dalam memberikan informasi kepada masyarakat misalnya kemampuan dibidang Jurnalistik dan Fotografi ,” ungkap Cahaya Wijaya  S.STP, MM Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magetan.


“ Kominfo sebagai mitra dan pembina KIM, berkomitmen akan terus mendorong KIM dimagetan untuk bisa terus berkembang  sesuai dengan perekembangan jaman,” tambah mantan Camat Kawedanan ini.


Pelatihan yang lebih menitikberatkan pada praktek pembuatan  berita serta tehnik dasar pengambilan Foto berlangsung  cukup menarik, hal tersebut bisa diliat dari antusias para peserta saat diminta untuk mempraktekkan secara langsung tehnik pembuatan berita dan pengambilan foto.


Dalam kesempatan ini, Ahmad Zaimul Haq, pemateri fotografi menjelaskan mengenai pembuatan foto jurnalistik, bagaimana menyampaikan kisah dengan foto. “ Seperti halnya karya tulis, foto jurnalistik harus menyampaikan kisah berdasarkan fakta, memberi informasi dan menghibur.”, ungkap Ahmad.

Ahmad juga memberikan tips mengenai cara merekam melalui gawai kepada peserta. Dikesempatan yang sama,  Endah Imawati, pemateri jurnalistik memberikan tips and trick bagaimana membuat berita yang baik dan menarik untuk dibaca. “ Selain 5W + 1H, nilai berita, kreativitas, dan menghindari komentar negatif juga penting dalam pembuatan berita.”, jelas Endah.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Magetan, Eko Budiono berharap dengan adanya pelatihan ini, anggota KIM agar lebih kompeten dalam bidang jurnalistik dan fotografi. “Diharapkan nanti peserta pelatihan ini bisa mengaplikasikan ilmu yang didapatkan. Sehingga dapat menjadi ujung tombak dalam  diseminasi informasi di masyarakat, terutama di Magetan,” harap Eko.(Diskominfo/red)