BERITA TERKINI

Berlantai Tanah Hingga Dinding Rumah Tak Berplester, Rusni Warga Ponorogo Hidup Miris



TEROPONGNUSA.COM | PONOROGO - Rusni (61) warga Dukuh Tengah, Desa Pengkol, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo hidup miris dengan menempati rumah 6 x 5 meter.

 

Rumah itu Ia tempati bersama keluarganya. Meski berdinding tembok, namun lantainya masih berupa tanah. Parahnya lagi, rumahnya harus ditopang bambu untuk menghindari roboh karena dimakan usia.

 

Begitu juga dengan kondisi dalam rumahnya, antar ruangan hanya bersekat triplek dan dapurnya pun terlihat dari ruang tamu.  

 

Dan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, Rusni hanya mengandalkan pekerjaannya sebagai buruh tani.

 

"Sudah puluhan tahun saya tinggal di sini, kondisinya ya seperti ini," kata Rusni saat ditemui awak  media di rumahnya, Selasa (30/11/2021).

 

Demikian juga dengan anaknya, meski yang sulung sudah menikah, namun kondisinya juga tak jauh beda dengannya. Sehingga tidak ada yang membantu beban hidupnya. Ditambah lagi anak nomor duanya yang saat ini menderita sakit gangguan jiwa seakan menambah parah beban hidupnya.


Sementara itu, Kepala Desa Pengkol, Sunoto, saat dikonfirmasi awak media merasa prihatin dengan kondisi Rusni. Tapi apa daya, Ia mengaku Anggaran Dana Desa (DD) tidak cukup untuk membiayai perbaikan rumah Rusni. Meski begitu, Sunoto tetap berusaha dengan jalan lain, seperti mengajukan program ke instansi terkait.

 

"Kami terus berupaya mencari solusi agar Pak Rusni segera mendapatkan bantuan bedah rumah. Jika ada warga yang perekonomiannya baik, bisa membantu ya diterima, atau donatur dari siapa pun kami terima," ucapnya.(Tim/zm/nyr_red)