BERITA TERKINI

Sepanjang 2021 PA Magetan Selesaikan 1.667 Perkara


 

TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN – Pengadilan Agama Kabupaten Magetan memiliki tugas dan kewenangan untuk memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara-perkara ditingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam dibidang perkawinan, kewarisan, wasiat dan hibah yang dilakukan berdasarkan hukum Islam, serta wakaf dan shadaqah, sebagaimana diatur dalam Pasal 49 Undang-undang Nomor 50 Tahun 2010 tentang Peradilan Agama.

 

Sehubungan dengan itu, sepanjang tahun 2021 Pengadilan Agama Kabupaten Magetan telah menyelesaikan 1.667 perkara dengan sisa 77 perkara.

 

Hal tersebut diutarakan oleh Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Magetan, Eny Rianing Taro seusai menghadiri Jumpa Pers bersama Bupati Magetan, Suprawoto di halaman Pasar Baru Magetan, Jumat (31/12/2021).

 

Secara umum jumlah perkara per hari ini 1.667 dengan sisa perkara 77. Jadi kita sudah menyelesaikan 95% lebih,” ujar Eny.

 

Ia menyebutkan diantara perkara yang ditangani meliputi perkara perceraian, permohonan, cerai gugat, cerai talak, gugat waris, harta bersama, poligami, hadhanah, gugatan ekonomi syariah dan lainnya.

 

Dan khusus perceraian, pihaknya bersama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Magetan telah meluncurkan layanan perubahan status suami istri secara elektronik atau disebut e-Perisai. Sehingga perubahan biodata identitas seperti Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dapat langsung diterbitkan.

 

Reporter: Denny Rubi