BERITA TERKINI

Ada Mobil INCAR dan ETLE, Ditlantas Polda Jatim Kini Tak Gunakan Lagi Tilang Manual


 

TEROPONGNUSA.COM | SURABAYA - Ditlantas Polda Jatim kini tak lagi menerapkan tilang manual pada pengguna jalan yang melanggar lalu-lintas. Setiap pelanggaran akan terekam kamera ETLE atau e tilang hingga kamera Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR) di mobil yang patroli.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Latif Usman mengatakan, kebijakan ini dilakukan sesuai dengan instruksi Kapolri yang ingin mengubah imej polisi lalu-lintas.

"Baik, jadi sesuai dengan instruksi Bapak Kapolri, harapan Bapak Kapolri dan cita-cita Bapak Kapolri untuk mengubah imej dari pada polisi lalu-lintas adalah penegakan hukum, pelanggaran lalu-lintas sudah tidak manual kembali," kata Latif di Mapolda Jatim, Jumat (11/2/2022). 

"Ini di Jawa Timur Alhamdulillah dengan adanya alat INCAR atau ETLE mobil sudah kita wujudkan sejak mulai satu Januari kemarin," tambahnya. 

Latif menegaskan polisi lalu-lintas di jajaran Polda Jatim tidak boleh menilang pelanggar di lokasi. Kendati demikian, ada beberapa hal yang menjadi pengecualian.

"Jadi polisi di Jawa Timur secara keseluruhan tidak boleh melakukan penindakan secara manual. Kecuali, satu pelanggaran yang membahayakan atau ugal-ugalan. Yang kedua balap liar. Yang ketiga adalah odol. Yang keempat adalah knalpot brong," paparnya. 

Keempat pelanggaran tersebut bisa dilakukan penilangan secara manual. Namun, untuk pelanggaran lalu-lintas lainnya, Latif menyebut sudah tidak dilakukan manual. 

"Nah ini tentunya yang masih akan dilakukan penindakan secara manual. Tetapi pelanggaran-pelanggaran lainnya akan kita lakukan penindakannya dengan ETLE statis yang sudah ada maupun INCAR yang sudah kita kembangkan di Jawa Timur ini," pungkasnya.